SUNAN PANDANANRAN "Masjid Golo"

Masjid Golo  merupakan Masjid yang dilindungi oleh UU RI No. 11 Th. 2010 Tentang Cagar Budaya, dimana Masjid Golo ini berdiri pada masa Sunan Pandanaran sehingga memiliki nilai sejarah yang begitu tinggi dan perlu di lindungi agar tetap kokoh dan menjadi pengingat kita di masa lampau.

Masjid ini terletak Perbukitan di daerah Sunan Pandanaran di Kecamatan Bayat Kabupaten Klaten, tepatnya di Desa Paseban Bayat. Nama Masjid ini tertera di Pintu Massuk Masjid dengan Huruf Arab saya sedikit bingung membacanya saya kira Gala tetapi setelah berjalan-jalan sebentar ada sebuah papan nama dengan huruf latin yang menerangkan seperti gambar di atas yaitu "Masjid Golo" dengan unsur perlindungan Undang Undang Republik Indonesia dibagian bawahnya. Walau tergolong sudah tua Masjid ini terlihat masih kokoh dimana Kayu yang digunakan dengan kwalitas unggul tentunya, dan atapnya juga saya perhatikan terbuat dari kayu yang membentuk gentheng dan kemungkinan memang gentheng yang sekarang itu terinspirasi dari jaman dahulu dimana atap terbuat dari papan kayu dan ada sebuah pengait di bagian bawahnya. Masjid yang berada di bukit ini terasa udara yang sejuk dan nyaman sekali.


Masjid dilihat dari bawah yaitu dari Jalan Bayat - Cawas nampaklah Masjid Golo Sunan Pandanaran yang terletak di sebuah bukit berada di atas pucuk seolah-olah Masjid terlihat besar akan tetapi itu semua adalah bukit dan hanya di bagian atas saja terdapat Masjidnya, memerlukan beberpa anak tangga untuk sampai ke Masjid disinilah sebuah makna perjuangan untuk menuju ke tempat yang lebih mulia kita harus berusaha sampai di atas agar bisa mendapatkan yang kit inginkan.

Disebelah selatan dari dalam Masjid nampak pemukiman warga serta perbukitan Bayat dan juga Gunung Kidul dimana memang Kecamatan Bayat berbatasan langsung dengan Gunung Kidul DIY, udara  yang berhembus di Masjid sangatlah sepoi-sepoi membuat kita nyaman dan merasa betah untuk berada di Masjid Golo tersebut karena masih banyak seklai pepohonan yang membuat udara bersih.

Dilihat dari depan Masjid juga nampak Jalan Bayat - Cawas serta perbukitan atau pegunungan Gunung Kidul yang membentang dari Barat  ke Timur dengan hijaunya. Selain kesejukan berada di Masjid Golo ini juga kita bisa merenungkan begitu hebatnya keAgungan Allah SWT dengan melihat bentangan luas Pegunungan dan Tumbuhan hijau yang memberikan kenyamanan. Di dalam Masjid Golo juga terdapat kalimat dalam bahasa Arab yang artinya "Niat i'tikaf Karena Ta'ala". jadi memang Masjid Golo diperuntukan untuk beribadah dengan penuh kenyamanan dan memberikan kita sebuah peluang untuk mengingat akan kebesaranNya.

___________________________________________
Simak Juga & Tinggalkan Jejak

___________________________________________

Dikutip dari Khutbah Jum'at di Masjid Golo Sunan Pandanaran "Nabi Sulaiman diberikan tiga permintaan Harta, Kekuasaan Dunia, dan Ilmu, dari ketiga permintaan di ambillah Ilmu karena di dalam Dunia ini Ilmu bisa menambah luas pengetahuan kita, dengan ilmu bisa memiliki harta, dan dengan ilmu pula bisa berkuasa, sehingga kita perlu mengaji/belajar untuk mendapatkan ilmu tersebut"

disitulah yang kulihat dan yang kudengar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar