Masjid Majasem Berdiri Sejak 1300an Masehi

Masjid Majasem dinamakan Masjid Al-Makmur berada di Dukuh Majasem, Desa Pakahan, Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten berdiri sejak tahun 1300an masehi, disini terjadi beberapa pemugaran seperti di tahun 1700an dimasa Kasunanan Surakarta dengan Kesultanan Jogjakarta berpisah, serta pembuatan serambi yang dibuat sekitar tahun 1934 serta dilakukan pemugaran lagi pada tahun 2003 silam.

Kami mendapatkan informasi dari takmir Masjid serta ada sesepuh yang menceritakan bagaimana kisah turun temurun yang berada di Masjid Majasem tersebut. Serta memberikan informasi berdasarkan prasasti dari keramik yang terpampang didinding-dinding dari Masjid Majasem ini, berdasarkan informasi kebenaran dari tahun 1300an ini tentunya Masjid ini lebih tua dari Masjid Demak dan juga Masjid yang berada di salah satu wilayah Klaten lainnya yaitu Masjid Joglo di lingkungan Sunan Pandanaran. Masjid ini tentunya tersemat perlindungan dari cagar budaya yaitu Undang-undang No. 11 Tahun 2010, karena memang Masjid Majasem ini memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Terlihat dalam gambar di atas dimana arsitek dari bangunan interior Masjid Majasem ini sangatlah kuno tanpa ada ukiran yang modern hanya saja kayu yang utuh serta ukiran seadanya dengan garis lurus saja yang memberikan kesan lebih seni kali ya. Tentunya warga sekitar khususnya Dukuh Majasem harus berbangga hati dimana mereka mimiliki Masjid yang perlu dilestarikan dan dimakmurkan agar sejarah akan selalu diingat oleh anak-anak dimasa mendatang.


Mengutip Khutbah Imam Jum'at Masjid Majasem "Kita harus senantiasa bersyukur walau dalam keadaan seperti apapun baik suka maupun duka, karena disaat kita berduka atau bersedih itu tidak seberapa dibandingkan dengan nikmat Allah yang telah diberikan kepada kita semua" Kalimat tersebut sungguh menentramkan hati dan pikiran kita karena nikmat yang telah kita terima sangatlah banyak dan tak terhitung nilainya maka Alhamdulillah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar